Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimanakah website ini?
Baik
Cukup
Kurang

Submit Lihat Hasil Polling

Bagaimana Pelayanan di Kecamatan Karangsambung?
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Penilaian Lomba Tertib Arsip OPD 2019

Berita Terbaru 19 November 2019 13:08:35 WIB Suprapti Dewi dibaca 20 kali

KARANGSAMBUNG - Selasa, (19/11/2019) Tim dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen yang dipimpin oleh Kasi Arsip Pengelolaan Arsip Dinamis, Dra. Unik Ganiwati beserta anggota tim Bustomi, Rochmah dan Mei melaksanakan verifikasi lapangan dalam rangka penilaian Lomba Tertib Arsip OPD Tahun 2019. 

Tim diterima langsung oleh Camat Karangsambung, R. Nurdin Santoso, S.Sos. Dalam sambutan penerimaannya Camat Karangsambung mengucapkan selamat datang kepada tim, serta menyampaikan permohonan maaf apabila pengelolaan arsip di Kecamatan Karangsambung belum sesuai dengan ketentuan karena kantor kecamatan baru menempati bangunan baru bulan Januari 2019 sehingga masih dalam proses penataan khususnya arsip. "Kami berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola arsip yang baik sesuai ketentuan di Kecamatan Karangsambung, dan mohon bimbingannya dalam pengelolaan arsip yang baik," kata Camat.

Kasi Pengelolaan Arsip Dinamis menyampaikan, dengan diadakannya Lomba Arsip OPD diharapkan dapat memberikan dorongan dan semangat bagi OPD untuk menciptakan tertib administrasi dan dokumen penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan, sehingga arsip / dokumen dapat tersimpan dengan baik dan mudah untuk ditemukan kembali. Pengelolaan arsip yang baik akan mendukung terwujudnya tertib administrasi. Hal ini berarti akan mendukung pula upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

Komponen penilaian terdiri dari lima komponen, Penciptaan Arsip, Penataan Berkas, Pengelolaan Arsip Vital, Pengelolaan Arsip Inaktif, dan Penyusutan. Penilaian dilaksanakan dengan metode cek lapangan, bukti fisik (dokumen, softcopy dan aplikasi online) dan wawancara dengan petugas.

Pelaksanaan penilaian berlangsung dengan lancar, pertanyaan-pertanyaan dari tim dapat dijawab dengan baik oleh Camat dan petugas kearsipan, Suprapti Dewi. Tim merasa puas, pengelolaan arsip di Kecamatan Karangsambung sudah baik, meskipun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki di masa mendatang.  Tim juga berharap agar pengelolaan arsip di Kecamatan Karangsambung yang sudah baik ini tidak hanya pada saat untuk mengikuti lomba, namun untuk seterusnya.(sd).